Alasan Perlu Banyak Minum Air

Minum Air

Minum Air

Mendapat cukup air penting bagi tubuh agar dapat berfungsi dengan baik. Menurut para ahli 70 persen tubuh terdiri dari air dan kita hanya dapat bertahan hidup sekitar seminggu tanpa air.

Berikut 5 alasan mengapa kita perlu banyak minum air:

  • Menjaga tubuh tetap sejuk
  • Berkeringat memang terkesan kotor tetapi keringat itu berperan dalam menjaga suhu tubuh tetap sejuk karena itu keringat dapat menjadi pengingat untuk memperbanyak minum. Jika anda tidak memiliki cukup air untuk dikeluarkan dalam bentuk keringat dapat berakibat menurunnya volume darah dan bahkan sistem sirkulasi  mengalami masalah. Gejala yang biasa dikaitkan dengan masalah sirkulasi adalah pusing, rasa sakit atau  mengalami kesulitan bernapas.

  • Mengumpulkan nutrisi
  • Air membantu mengantarkan nutrisi melalui aliran darah ke seluruh bagian tubuh dimana dibutuhkan. Karena beberapa nutrisi adalah larut dalam air sehingga zat giji ini juga diserap dengan air.

  • Menjaga tubuh tetap bergerak
  • Jika anda kekurangan air, anda akan mengalami sembelit yang mengakibatkan sulit buang air besar. Di sini air penting untuk melancarkan gerakan karena air bertindak sebagai pembantu untuk melembutkan kotoran.  Dikombinasikan dengan serat, air dapat memudahkan mendorong kotoran.

  • Menjaga kulit tetap halus
  • Karena sel mengandung air, sel dikatakan sehat apabila mendapat suplai air yang cukup sehingga kulit terlihat sehat dan halus. Sebaliknya ketika kekurangan air, kulit akin nampak lelah bahkan ketika dehidrasi, kulit nampak lebih kusam.

  • Menghindari batu ginjal
  • Batu ginjal tumbuh ketika zat-zat atau komponen sampah yang masuk melalui ginjal bertahan dan bergabung dengan komponen sampah lain. Sebuah butiran seperti pasir akhirnya terbentuk. Jika butiran ini tidak dapat dibuang, lambat laun tumbuh sampai berukuran sebuah batu. Karena itu, anda perlu minum banyak agar dapat membersihkan butiran-butiran batu tersebut.

Sebagian besar orang menunggu sampai merasa haus untuk minum segelas air padahal haus adalah gejala awal  dehidrasi. Tubuh kekurangan air biasanya diawali dengan tanda-tanda seperti pusing, sakit kepala, pegal-pegal dan perasaan sakit.

Cara mengetahui apakah anda cukup mendapat suplai air dapat diketahui dengan melihat urine, Jika urine anda bersih, ini petunjuk baik bahwa tubuh memiliki kandungan air yang baik sebaliknya bila urine terlihat gelap, anda sebaliknya harus banyak minum air.

Baca juga tips kesehatan lainnya di sini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: