Cukur Ketiak Tingkatkan Resiko Kanker ?

cukur ketiak

Para ilmuwan memperingatkan resiko kanker payudara akibat anti-perspirant akan meningkat dengan mencukur bulu ketiak. Peringatan ini muncul setelah para peneliti mengeluarkan sebuah peringatan bahwa deodoran dapat memicu kanker.

Dalam penelitian terbaru, analisa terhadap kelompok pasien kanker payudara yang menggunakan produk anti-perspiran dan mencukur rambut ketiak mengidap penyakit tersebut sampai pada mereka yang 14 tahun lebih muda dibanding yang tidak menggunakan.

Para peneliti menyimpulkan bahwa kulit yang rambutnya tercukur dapat lebih mudah menyerap bahan-bahan kimia yang diduga menjadi pemicu timbulnya kanker. Karena itu wanita yang terbiasa menggunakan produk ini disarankan untuk mencari “kebiasaan alternatif lain yang lebih sehat.”

Dalam penelitian awal, ahli biologi dari Universitas Reading, Dr. Phillippa Darbre mengatakan bahan kimia parabens yang terdapat dalam anti-perspirant diindikasi pemicu tumor payudara.

Walaupun demikian, peringatan ini mendapat bantahan dari yayasan-yayasan kanker dan produsen kosmetik yang mengatakan produk tersebut tidak menyebabkan kanker. Menurutnya penemuan itu lebih diakibatkan karena wanita sekarang mencapai puberitas lebih awal. Masa puber ini yang kemudian memicu tingginya tingkat oestrogen dalam tubuh.

Baca juga tips kesehatan lainnya di sini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: