Sembuhkan Flu

Setiap tahun wabah virus flu menyerang banyak orang dan menyebabkan jutaan tidak bisa masuk kerja. Setiap orang memiliki cara penyembuhan flu sendiri-sendiri tetapi bawang putih, vitamin C, dan seks telah lama diyakini sebagai obat flu.

  • Bawang putih
  • Bawang putih telah lama diyakini memiliki khasiat menyembuhkan penyakit dan penelitian ilmiah mendukung keyakinan tersebut. Sebuah penelitian baru-baru ini dilakukan oleh Garlic Information Centre membuktikkan bahwa bawang putih memiliki senyawa yang dapat menyerang virus yang dapat membantu mengurangi gejala flu, mempercepat penyembuhan dan mengurangi peluang terkena virus lain.

  • Sup ayam
  • Masyarakat Yahudi meyakini sup ayam memiliki khasiat menyembuhkan flu. Ada dasar ilmiah dibelakang  keyakinan tersebut. Minuman hangat yang memiliki rasa seperti sup akan membuat kita memproduksi saliva lebih banyak yang berarti makin banyak lendir dihasilkan. Lendir ini menyerang bakteri dan virus sebagai sistem ketahanan alamiah.

  • Vitamin C
  • Saat pertama kali melihat gejala flu, banyak diantara kita memutuskan minum jus jeruk atau suplemen vitamin C. Vitamin C bekerja sebagai antioksidan, melacak virus dalam tubuh dan menghancurkannya. Virus tersebut bisa berasal dari udara sekitar atau rokok yang menyebabkan perubahan molecular dalam tubuh. Ini akan mempercepat proses penuaan atau bahkan memicu kondisi medis yang serius.

  • Seng
  • Seng adalah senyawa yang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menbantu meningkatkan sistem kekebalan. Seng banyak ditemukan dalam daging merah, seafood tetapi cara paling efektif mendapatkan seng adalah dalam obat batuk berupa manisan.

  • Seks
  • Peneliti Amerika menemukan seorang pasangan yang berhubungan seks setiap minggu dapat meningkatkan sistem kekebalan. Penelitian yang dilakukan di Wilkes University, Pennsylvania tahun 1999 ini menganalisa sistem kekebalan kelompok pelajar dengan mengukur jumlah immunoglobin A dalam salvia mereka.Pelajar yang berhubungan seks satu atau dua kali per minggu memiliki tingkat immunoglobin A lebih tinggi dibanding mereka yang tidak pernah hubungan seks. Tetapi penelitian memperingatkan bercinta sepanjang malam mungkin bisa berbahaya. 

    Pelajar yang berhubungan seks lebih dari tiga kali per minggu memiliki tingkat immunoglobin yang lebih rendah dibanding mereka yang tidak pernah bercinta. Ini artinya resistensi terhadap infeksi berkurang, membuat mereka lebih mudah terkena flu.

Baca juga tips kesehatan lainnya di sini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: