Hindari Dehidrasi Saat Olahraga

Dehidrasi

Dehidrasi

Perlengkapan apa yang paling penting saat berolahraga? Ternyata jawabnya bukan sepatu karet, atau alat pencatat denyut jantung. Percaya atau tidak, air ternyata paling penting bahkan ketika anda tidak berolahraga. Mendapat cukup suplai air sangat penting selama olahraga karena akibat keringat dan bernapas yang cepat, tubuh membutuhkan cairan lebih banyak dari biasanya.

Bagaimana cara mendapatkan cukup H2O sepanjang olahraga, berikut rahasianya:

  • Minum sebelum anda haus
  • Tubuh membutuhkan banyak cairan untuk tetap sejuk sekalipun dalam keadaan normal, dan anda akan mudah menderita kelelahan akibat panas jika tidak mendapat cukup air selama cuaca panas atau olahraga. Karena itu minumlah air jangan menunggu anda merasa haus agar cadangan air tetap ada.

  • Ganti setiap ons yang hilang
  • Jika anda menimbang berat sebelum dan sesudah olahraga, anda akan menemukan secara kasar berapa banyak cairan yang telah hilang. Dengan minum 2 gelas air untuk setiap ons yang hilang, anda akan terhindar dari dehidrasi setelah olahraga.

  • Perhatikan air seni
  • Orang yang minum jumlah air yang tepat biasanya menghasilkan banyak urine dengan warna muda. Beberapa obat dan vitamin dapat mempengaruhi warna urine, semakin sering pergi ke toilet dan  banyaknya volume urine yang dikeluarkan dapat dijadikan petunjuk dehidrasi. Jika anda menemukan warna urine lebih pekat, yakinlah untuk tetap minum banyak air.

  • Minum selagi berolahraga
  • The American Running Association menawarkan tips hindari dehidrasi yang dapat digunakan pada setiap aktivitas olahraga: Minum satu gelas air, 15 sampai 30 menit sebelum berolahraga. Jumlah yang sama setiap 15 menit selama aktivitas berlangsung dan lebih dari satu gelas setelah olahraga. Dehidrasi sering menjadi penyebab kram otot.Air mineral adalah minum pilihan untuk olahraga sementara minuman olahraga dan jus buah-buahan pilihan terbaik setelah olahraga lebih dari satu jam. Menurut The American Running Association cairan yang mengandung karbohidrat diserap lebih mudah daripada air dan membantu tubuh melengkapi cadangan energi.

Baca juga tips kesehatan lainnya di sini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: