Lari Baik Bagi Kesehatan Emosi

Lari

Lari

Olahraga lari merupakan olahraga murah yang tidak perlu membutuhkan perlengkapan rumit dan dapat dilakukan manapun. Menurut penelitian para ilmuwan, lari dan latihan aerobik teryata dapat membantu mencegah penyakit dari PMS, stress dan depresi sampai efek samping negatif menopuse dan kehamilan.

Berikut beberapa keuntungan lari bagi kesehatan emosi:

Lari menumbuhkan rasa senang

Dr. Keith W. Johnsgard, seorang pelari marathon, psikologis dna penulis The Exercise Prescription for Depression and Axiety mengatakan tak seorangpun yakin bahwa lari membantu bagi kesehatan emosi padahal hal ini didukung oleh sejumlah teori.

Peningkatan aliran darah dapat membuat kita lebih tenang menghadapi stress dan meregangkan otot-otot serta terhindar memikirkan sesuatu yang membuat pusing selagi lari. Tetapi teori yag paling popular adalah biokimia dimana para ahli yakin pengeluaran beta-endorphin yang dihasilkan selama olahraga dapat membantu meningkatkan mood.

Penelitian menujukan keuntungan olahraga aerobik dapat meningkatkan tingkat olahraga itu sendiri membuat lari menjadi olahraga paling efektif untuk menyembuhkan depresi akibat ketegangan.

Meningkatkan kontrol diri

Para dokter banyak menyarankan olahraga aerobik sebagai sebuah cara untuk menghilangkan gejala PMS dimana disamping perubahan kimia, ada perasaan yang timbul terutama perubahan mood. Hal yang sama terjadi pada wanita yang akan melalui masa menopous.

Meningkatkan image tubuh

Sejumlah penelitian yang dilakukan Melpomene Institute menemukan bahwa lari dapat meningkatkan kepercayaan diri, image tubuh dan penilaian positif terhadap diri sendiri dimana banyak wanita menujukan bahwa aktvitas fisik dapat memberikan mereka cara untuk memfokuskan pada kekuatan dan power tubuh dibanding pada bagaimana mereka melihat tubuh.

Menurut penelitian Universitas Melbourne, ibu hamil yang melakukan olahraga lari jarang mengalami kegelisahan dan memiliki tingkat pskologi dan image tubuh yang lebih baik. Tentu hal ini dilakukan setelah meminta nasehat dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan menginjak track.

Baca juga tips kesehatan lainnya di sini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: